Rabu, 10 Mei 2017

Ikan Dan Tanaman Untuk Akuaponik

Ikan dan tanaman yang dipilih untuk sistem akuaponik haruslah memiliki kebutuhan yang sama terhadap suhu dan pH air. Meskipun ada kompromi mengenai kebutuhan suhu dan pH air ikan dan tanaman, semakin dekat nilai suhu dan pH air keduanya, maka semakin sukses sistem akuaponik yang dijalankan. Aturan yang umum misalnya, air akuaponik yang hangat dan segar lebih cocok dengan ikan nila, gurame dan sejenisnya dan tanaman adalah selada (lettuce), kangkung, bayam dan jenis tanaman rempah seperti mint, kemangi, basil dan sejenisnya. Di dalam sistem akuaponik dengan kepadatan tebar ikan yang tinggi, tanaman yang cocok adalah tanaman buah seperti tomat, paprika, terong, lombok, mentimun dan sebagainya.

ikan dan tanaman untuk akuaponik

Ikan yang juga baik dibudidayakan di dalam sistem akuaponik dengan hasil yang baik adalah : nila, mujair,  gurame, koi, ikan mas dan berbagai ikan hias seperti tetra, gupi, moli, komet, ikan kupu-kupu dan sebagainya. Dan juga ikan lainnya yang dibudidayakan di dalam sistem akuaponik dengan hasil cukup baik adalah : karper, kakap putih (barramundi), tombro perak dan emas, lele, bawal, patin dan ikan bass.

Berbagai jenis tanaman yang baik dibudidayakan di dalam sistem akuaponik adalah : selada (lettuce), pak coi (sawi daging), kubis, kemangi, mint, selada air, kangkung, sawi, bayam dan lain-lain tanaman sayur berdaun hijau.

Tanaman yang memiliki kebutuhan nutrisi lebih tinggi dan hanya akan berhasil di dalam sistem akuaponik dengan kepadatan tebar ikan yang tinggi sampai sangat tinggi dan sudah matang adalah : tomat, paprika, mentimun, kacang polong, labu, brokoli, kembang kol, kubis, terong lombok, melon, strawberi dan lain-lain.
Hampir semua jenis tanaman dapat tumbuh di dalam sistem akuaponik, bahkan tanaman seperti pisang, jeruk lemon, limau, delima, jagung manis, lobak, wortel, pepaya, bawang dan anggrek

Comments :

0 comments to “ Ikan Dan Tanaman Untuk Akuaponik ”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by akuaponik, aquaponik, hidroponik, akuakultur, ikan, sayuran, pertanian, perkebunan