Sabtu, 02 Mei 2015

Akuaponik Komersial

Akuaponik untuk tujuan komersial umumnya didirikan diatas lahan yang luas, seperti pertanian-pertanian konvensional. Hanya saja, kebanyakan di Eropa, Australia, Jepang dan Amerika Serikat menggunakan green house sebagai pelindung tanaman dari kondisi cuaca maupun serangan hama. Sistem akuaponik untuk tujuan komersial agak berbeda dengan home aquaponics (skala rumahan), karena lahan tanam yang didirikan lebih besar. Salah satu faktor yang harus diperhatikan betul  adalah distribusi aliran air yang membawa nutrisi untuk tanaman dan banyaknya padatan ikan yang tertampung.


Akuaponik komersial kebanyakan didirikan di Eropa, Australia, Amerika Serikat dan Jepang untuk tujuan produksi pangan massal yang bersifat organik. Banyak petani-petani di Eropa dan Amerika Serikat meninggalkan sistem pertanian konvensional tradisional maupun organik dan beralih pada sistem pertanian akuaponik modern, karena pertanian dengan sistem akuaponik lebih ramah lingkungan dan jauh lebih efisien dalam segi biaya dan energi yang dipakai.




Berikut adalah video tentang penjelasan aplikasi sistem akuaponik untuk skala rumah tangga (home aquaponics) dan untuk skala komersial oleh Murray Hallam, seorang praktisi akuaponik dari Eropa. Murray Hallam menjelaskan tentang integrasi media tanam dan teknologi rakit apung untuk ketersediaan nutrisi tanaman yang lebih baik dalam sistem akuaponik.



Semoga bermanfaat

Comments :

0 comments to “ Akuaponik Komersial ”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by akuaponik, aquaponik, hidroponik, akuakultur, ikan, sayuran, pertanian, perkebunan