Sabtu, 02 Mei 2015

Bagaimana Sistem Akuaponik



 Bagaimana Sistem Akuaponik Berjalan?..


Akuaponik adalah jawaban sempurna untuk masalah pembuangan limbah air kaya nutrisi pada kultur ikan para pembudidaya ikan dan kebutuhan air kaya nutrisi para petani hidroponik. Pada dasarnya, sistem akuaponik meniru sistem ekologi pada lingkungan alamiah. Nutrisi yang berasal dari limbah ikan dan terkonsentrasi digunakan untuk menumbuhkan tanaman pangan dan bersifat berkelanjutan.


Unsur utama dalam sistem akuaponik adalah makanan atau pakan ikan. Ikan memakan makanan dan mengeluarkan limbah. Lebih dari 50% dari limbah yang dihasilkan oleh ikan dalam bentuk amonia dikeluarkan melalui urine. Sisa limbah, diekskresikan sebagai kotoran, mengalami proses yang disebut mineralisasi yang terjadi ketika bakteri heterotrofik mengkonsumsi limbah ikan. Tanaman yang membusuk dan makanan yang tidak termakan, menghasilkan amonia dan senyawa lainnya. Dalam jumlah yang cukup, amonia bersifat toksik (beracun) bagi tanaman dan ikan.

Bakteri nitrifikasi, yang secara alami hidup di tanah, air dan udara, pertama kali mengkonversi amonia menjadi nitrit, dan kemudian mengkonversinya ke dalam bentuk nitrat.

Dalam sistem aquaponic bakteri heterotrofik dan nitrifikasi akan melekat pada dinding tangki, bawah rakit, bahan organik, media tumbuh (jika digunakan) dan di kolom air.

Pada dasarnya,  kita memiliki tiga unsur penting yang tetap hidup dalam akuaponik, yaitu  ikan, tanaman dan bakteri menguntungkan. Ketiga entitas masing-masing bergantung pada yang lain untuk hidup. Bakteri mengkonsumsi limbah ikan dan menjaga air tetap bersih (berkualitas) untuk ikan. Dalam proses ini, bakteri menyediakan unsur yang dibutuhkan tanaman dalam bentuk nitrat sebagai unsur hara yang diperlukan untuk tumbuh. Dan dalam proses penyerapan nutrisi melalui pertumbuhan tanaman, tanaman juga membantu membersihkan dan menjaga kualitas air yang diperlukan untuk ikan.

 
Akuaponik adalah metode yang sangat efisien untuk menumbuhkan tanaman, menggunakan minimal air, ruang dan memanfaatkan limbah. Produk akhir yang kita peroleh, ikan dan sayuran bersifat organik, sangat aman untuk dikonsumsi. Dari sudut pandang gizi, akuaponik menyediakan nutrisi bagi kita dalam bentuk protein yang berasal dari ikan dan vitamin dari sayuran/tumbuhan. Selain itu kita dapat mengendalikan produksi makanan bagi kita tanpa merusak keseimbangan ekologi, karena sistem akuaponik berjalan seperti pada proses alamiah yang terdapat pada lingkungan sekitar.

Comments :

0 comments to “ Bagaimana Sistem Akuaponik ”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by akuaponik, aquaponik, hidroponik, akuakultur, ikan, sayuran, pertanian, perkebunan