Rabu, 19 April 2017

Cara Membuat Bell Siphon

Bell siphon digunakan untuk mengatur aliran air di dalam sistem akuaponik pasang surut maupun sistem hidroponik. Di dalam sistem pasang surut yang juga dikenal dengan istilah "flood & drain" atau "ebb & flow", air yang mengalir melalui bak media tanam mengalami pasang dan surut, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya pada artikel "Sistem Akuaponik Dengan Bell Siphon". Bell siphon adalah bagian yang sangat penting untuk semua aliran air di dalam sistem akuaponik baik untuk bak media tanam yang berisi tumbuhan, bakteri pengurai dan cacing maupun ikan yang berada pada tangki, karena dengan bell siphon tercipta sirkulasi aliran nutrisi dan udara kaya oksigen yang sangat baik bagi kesehatan sistem.

cara membuat bell siphon

Komponen Bell Siphon


Bahan-Bahan Yang Diperlukan
  - Sock drat 1" PVC luar dan dalam masing-masin satu buah
- Sock PVC 1" satu buah
- Pipa PVC 1" secukupnya
- Pipa PVC 4", potong sepanjang 30 cm
- Pipa PVC 2", potong sepanjang 25 cm
- End cap PVC 2" satu buah
- Selang plastik secukupnya
- Sealant/lem silicon secukupnya
- Lem PVC secukupnya

 Gambar berikut cara membuat bell siphon (klik gambar agar jelas)



 Cara Memasang Pada Bak Media Tanam

 Sediakan bak tanam dari plastik seperti ember, tong plastik dan lain-lain. Lubangi bagian tengah atau bagian manapun sebesar 1". Letakkan pipa pasang di tengah lubang dengan sock drat bagian bawah diberi lem silikon terlebih dahulu. Gabungkan pipa pasang dengan sock drat luar yang terlebih dahulu diberi lem silikon pada bagian bibirnya melalui bagian bawah bak tanam (seperti dalam gambar dibawah). Putar kencang agar tidak ada bagian yang bocor. Maka pipa pasang telah terpasang pada bak tanam.


Tutuplah pipa pasang dengan tabung air surut, seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Perlu diperhatikan, bahwa tabung air surut tidak boleh bocor sedikitpun. Lebih disarankan semua sambungan pada tabung air surut diberi lem silikon. 


Tutuplah pipa pasang dan tabung air surut dengan saringan pelindung, seperti terlihat pada gambar dibawah. Lubang-lubang pada saringan pelindung berfungsi untuk memperlancar aliran air. Semakin banyak lubang dibuat, maka semakin memperlancar aliran air.



Gambar dibawah adalah sistem akuaponik dengan bell siphon yang sudah lengkap terpasang bersama komponen-komponen lainnya.

Comments :

0 comments to “ Cara Membuat Bell Siphon ”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by akuaponik, aquaponik, hidroponik, akuakultur, ikan, sayuran, pertanian, perkebunan