Jumat, 01 Mei 2015

Jenis Tanaman Akuaponik

Jenis-Jenis Tanaman Yang Cocok Untuk Akuaponik

Memilih tumbuhan yang cocok untuk ditanam dalam metode tertentu pasti memiliki kriteria-kriteria khusus untuk memaksimalkan hasil dari metode tanam tersebut. Begitu pulan dengan metode akuaponik dan  hidroponik. Nah, tanaman apa saja yang baik ditanam dengan kedua metode tersebut ?


Hidroponik

Hidroponik adalah metode kultur air, yaitu metode yang menggunakan air sebagai media tanam. Air sebagai media tanam diisikan dalam wadah seperti stoples atau tabung kaca atau wadah lain.
Metode kultur pasir/kerikil, merupakan metode yang paling praktis dan lebih mudah diterapkan. Pasir yang digunakan sebagai media tanam bisa digunakan pasir kali. Sejak kurang lebih 30 tahun lalu, pasir merupakan pilihan medium yang banyak dipakai dalam tata cara hidroponik. Selain sifatnya relatif steril, juga dapat mempertahankan kelembaban lebih lama dibandingkan dengan medium lain dan dapat digunakan dengan hasil yang sama baiknya pada skala besar dan skala kecil. Tetapi tidak semua pasir memiliki sifat yang sama. Sementara itu, sejumlah ahli beranggapan bahwa medium pasir memiliki kecenderungan terlalu basah, sehingga agak memboroskan zat nutrisi. Anggapan yang sebenarnya tidak bisa dipastikan. Metode kultur bahan porous seperti kerikil, pecahan genteng, gabus putih, termasuk kerikil. Media hidroponik yang baik memiliki pH yang netral atau antara 5.5.

  Tanaman hidroponik dipilih berdasarkan karakter sebagai berikut :  
Memiliki akar serabut yang banyak
Memiliki karakteristik akar yang kuat
Benih berdaya tumbuh tinggi
Berbatang basah/banyak mengandung air 
Berumur pendek dan ringan

   Tanaman yang umumnya ditanam pada media tanam hidroponik adalah golongan tanaman holtikultura, meliputi : tanaman sayur, tanaman buah, tanaman hias dan tanaman obat-obatan. Pada dasarnya berlaku untuk semua jenis tanaman baik tahunan, biennial, maupun annual. Tapi paling lazim adalah umumnya merupakan tanaman annual (semusim). Hampir semua tanaman sebenarnya bisa dibudidayakan dengan sistem hidroponik, mulai dari bunga, (misalnya : krisan, gerberra, anggrek, kaladium, kaktus), sayur-sayuran (selada, sawi, pakchoi, tomat, wortel, asparagus, brokoli, cabai, seledri, bawang merah, bawang putih, bawang daun, terong), buah-buahan (melon, tomat, mentimun, semangka, strawberi, paprika) dan umbi-umbian.

Akuaponik

Prinsip dasar akuaponik adalah suatu kombinasi sistem akuakultur dan budidaya tanaman, dimana ikan dan tanaman tumbuh dalam satu sistem yang terintegrasi, dan mampu menciptakan suatu simbiotik di antara keduanya. Salah satu ciri tumbuhan untuk sistem akuaponik yaitu memiliki akar serabut yang tidak terlalu kuat. Tumbuhan berfungsi sebagai filter vegetasi, yang akan mengurai zat racun (amonia dan nitrat dalam konsentrasi tinggi) menjadi zat yang tidak berbahaya bagi ikan, dan suplai oksigen pada air yang digunakan untuk memelihara ikan.
Akuaponik adalah kombinasi dari akuakultur (budidaya ikan) dan hidroponik (budidaya tanaman tanpa tanah). Ikan dan tanaman yang dipilih untuk sistem akuaponik harus memiliki kebutuhan yang sama, baik suhu dan pH. Akan selalu ada beberapa kompromi dengan kebutuhan ikan dan tanaman, tetapi semakin dekat dengan kondisi baik suhu dan pH, maka mereka akan semakin cocok, dan lebih berhasil dalam teknik akuakultur. Sebagai gambaran bahwa, kondisi air yang hangat dan tawar, merupakan kombinasi ikan dan tanaman seperti selada dan herbal dapat bersama-sama tumbuh dengan baik. Sistem hidroponik yang sesuai dengan ini adalah Rafting (Rakit Apung) dan NFT (Nutrient Film Technic). Dalam sistem akuaponik dengan kepadatan tebar ikan yang tinggi, kemungkinan besar tanaman buah seperti tomat dan paprika dapat tumbuh dengan subur.
Sayuran daun hijau yang paling baik tumbuh dalam subsistem hidroponik adalah petai, selada, kemangi, tomat, okra, melon dan paprika. Selain itu, jenis tanaman lain seperti buncis, kacang polong, kol, selada air, talas, lobak, stroberi, bawang, ubi jalar dan rempah-rempah juga dapat menjadi pilihan tanaman yang bisa ditanam secara akuaponik.

Comments :

0 comments to “ Jenis Tanaman Akuaponik ”

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by akuaponik, aquaponik, hidroponik, akuakultur, ikan, sayuran, pertanian, perkebunan