Kamis, 07 Mei 2015

Siklus Nitrogen



Ada tiga (3) komponen penting dalam sistem akuaponik yang saling membutuhkan/bergantung satu sama lain atau dikenal dengan istilah simbiosis mutualisme. Ketiganya adalah : ikan, bakteri heterotrofik dan tumbuhan. Ikan dalam tangki kultur mengeluarkan feses/kotoran dan urine. Feses dan urine pada mulanya berbentuk Amonia (NH4+). Dalam konsentrasi tinggi amonia dapat menyebabkan kematian pada ikan. Amonia dalam konsentrasi rendah hanya dapat dicapai dengan penggantian air secara rutin pada tangki kultur dan melalui proses penguraian oleh bakteri heterotrofik.
Didalam sistem ekologi buatan maupun lingkungan alamiah bakteri heterotrofik akan berkembang secara alami. Bakteri tersebut berperan sebagai pengurai atau dekomposer materi organik yang terbuang atau membusuk.


Akuaponik termasuk sistem buatan yang meniru/mengadopsi sistem ekologi pada lingkungan alamiah seperti yang terlihat pada danau, sungai, laut, rawa-rawa dan lain-lain. Semua organisme yang hidup didalam sistem alamiah saling bergantung antara satu dengan yang lainnya. Sebagai contoh, tumbuhan yang hidup dipinggir danau maupun didalamnya mendapatkan nutrisi alami yang berasal dari kotoran/materi organik yang dihasilkan oleh berbagai macam organisme yang hidup pada sistem alami tersebut. Ikan, udang dan lain-lain secara berkala akan mengeluarkan feses dan urine. Feses dan urine berbentuk amonia (NH4+). Amonia merupakan makanan bagi bakteri heterotropik yang hidup pada sistem. Ada dua bakteri pengurai yang penting dalam sistem tersebut, yaitu bakteri aerob dan anaerob. Bakteri aerob mengambil amonia sebagai makanannya, dan dari proses metabolisme makanan akan dihasilkan Nitrit (NO2+). Kemudian Nitrit akan akan dimanfaatkan oleh bakteri anaerob sebagai makanannya pula, dan dari proses metabolisme makanannya akan dihasilkan Nitrat (NO3+). Proses tersebut yang biasanya dikenal dengan proses penguraian atau proses dekomposisi oleh bakteri heterotrofik.



Hasil akhir dari proses penguraian oleh bakteri heterotropik berupa Nitrat (NO3+) akan dimanfaatkan oleh tumbuh-tumbuhan sebagai nutrisi bagi perkembangannya. Dan proses berikutnya adalah tumbuhan menyumbangkan Oksigen (O2) dan air tersaring bersih yang dapat menyebabkan semua organisme air dapat berkembang dengan baik dan sehat. Dalam sistem seperti ini tumbuh-tumbuhan berfungsi sebagai filter vegetasi. Proses secara keseluruhan dalam sistem tersebut disebut dengan siklus nitrogen. Gambar yang terlampir adalah contoh/skema siklus nitrogen pada sistem akuaponik.
Semoga bermanfaat, salam sejahtera...

Comments :

1
Gabus mengatakan...
on 

Terima kasih

Posting Komentar

 

Copyright © 2009 by akuaponik, aquaponik, hidroponik, akuakultur, ikan, sayuran, pertanian, perkebunan